Agar Aman, Pahami 5 Tips Membeli Perumahan Bersubsidi Ini

Posted by Unknown on 04.30 in
Agar Aman, Pahami 5 Tips Membeli Perumahan Bersubsidi Ini
Salah satu solusi dari pemerintah untuk mengatasi masalah kepemilikan rumah yaitu dengan mengeluarkan program perumahan bersubsidi. Memang, program ini bisa menjadi solusi yang sangat menggiurkan apalagi dengan kondisi harga rumah yang semakin mahal. Namun, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Berikut tips membeli perumahan bersubsidi.

1. Pilih Rumah yang Berlokasi Dekat dengan Kantor
Perhatikan faktor jarak. Maksudnya? Jangan sampai ketika Anda pindah rumah justru memungkinkan Anda mengeluarkan biaya yang lebih besar terutama untuk ongkos pulang pergi. Selain itu, jangan sampai Anda merasa kelelahan dan tertekan di perjalanan karena lokasi rumah dengan tempat kerja yang sebegitu jauh. Oleh karena itu, pertimbangkan hal ini.

2. Jangan Terlalu Percaya pada Brosur
Biasanya, di dalam brosur, pengembang akan mencantumkan banyak sekali kelebihan dari rumah tersebut termasuk kemudahan dalam hal pengajuan kredit. Anda perlu untuk memastikan dan mencocokkan apakah isi brosur tersebut sesuai dengan kondisi lapangan atau tidak. Ingat, informasi terbaik ialah informasi yang telah Anda pastikan secara mandiri.

3. Perhatikan Track Record Developer yang Menangani Rumah Anda
Meskipun mayoritas developer perumahan bersubsidi bisa dipercaya karena melibatkan Pemerintah, tidak ada salahnya juga Anda memeriksa kembali rekam jejak developer tersebut. Ada beberapa hal yang bisa Anda cari tahu, seperti pengalaman developer dalam membangun rumah: apakah historinya baik atau buruk, dan seterusnya.

4. Pertimbangkan Kemungkinan Terjadi Bencana Alam di Lokasi Rumah
Inilah faktor yang paling penting. Percuma saja kan kalau punya rumah bersubsidi tapi lokasinya rawan dengan bencana? Oleh karena itu, Anda harus memastikan rumah mana yang dianggap bisa terhindar dari bencana (yang memiliki kemungkinan kecil). Mulai dari banjir, longsor, dan seterusnya. Anda bisa bertanya kepada warga sekitar, misalnya.

5. Periksa Kondisi Sanitasi
Selain memastikan kondisi fisik bangunan rumah, Anda juga harus mengecek kondisi saluran pembuangan (sanitasi) di rumah Anda. Sanitasi yang baik biasanya berjarak minimal 1,5 meter dari bangunan rumah. Pastikan juga secara menyeluruh bahwa kondisi sanitasi di rumah Anda sudah memenuhi persyaratan demi menjaga kesehatan penghuni rumah.

6. Pilih Lokasi Rumah yang Berdekatan dengan Berbagai Akses
Ini juga tidak kalah penting untuk Anda pertimbangkan. Akses seperti apa? Mulai dari akses transportasi umum, rumah sakit, swalayan, pasar, sekolah, dan sebagainya. Jika rumah Anda berdekatan dengan berbagai akses penting, tentu Anda akan lebih dimudahkan. Minimal, pilihlah rumah yang mendekati akses penting tersebut.

Itulah beberapa tips membeli perumahan bersubsidi. Memang, rumah bersubsidi menawarkan harga yang terjangkau karena tujuannya memang mempermudah. Namun, ada faktor yang lain mesti Anda pertimbangkan, seperti 6 hal di atas, misalnya. Jangan sampai, kenikmatan memiliki rumah menjadi tidak optimal karena terjadinya beberapa gangguan.